Ada istilah mempertahankan pelanggan yang sudah ada lebih sulit
ketimbang merekrut pelanggan baru. Jadi untuk alasan seperti ini banyak
perusahaan yang mengadakanPusat Pelayanan atau dalam bahasa Inggris
adalah Call Center.
Pusat pelayanan (Call Center), fungsinya antara lain untuk mengetahui
kebiasaan konsumen, menerima keluhan dari para pelanggan sehingga data
tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki kualitas pelayanan dan
produknya serta mengumpulkan customer history.
Beberapa teknologi adalah umum dalam otomatisasi layanan. Perangkat
lunak pengatur panggilan dapat digunakan untuk mengarahkan panggilan
supaya masuk ke piranti yang paling tepat. Teknologi seperti respon
suara interaktif (IVR) memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan
komputer perusahaan.
dengan kata lain Pusat Pelayanan ini diadakan hanya untuk
mempertahankan para pelanggan yang sudah ada. Dengan demikian jika ada
pelanggan yang mempunyai keluhan, kritik dan saran bisa langsung
menyampaikannya secara langsung ke bagian Customer Service, atau
pelayanan pelanggan atau pusat pelayanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar